Sabtu, 06 Juni 2009

JAGA SORE yang MEMBOSANKAN



Yip....Yip.....jaga sore hari ini bosen abisss...... pasien lumayan banyak tapi gw ga tau... hari ini gw ga mood bangettt.... ya.. gw akhirnya jaga sore sambil buka FB aja dech....
OK dech...... gw ceritaiin beberapa pasien gw yg lumayan gawat darurat.....
Tn.S umur 65 th, sakitnya DECOMP (ya....semace, sakit jantung gitu...dech, klo gw jelasin 3hari 3 malem ga selesai2), trus.... Tn.S harus di rawat di ICU, kebetulan ICU RS gw penuh, terpaksa di observasi lagee di IGD sampe dapet ruangan ICU tu Tn.S, syukurnya Tn.S tenang banget. Tapi yg namanya pasien penderita sakit jantung jgn di anggap remeh, nasalahnya bisa tewas mendadak (seperti pasien yg pernah gw ceritain waktu itu).
Ada lagee pasien gw Tn.D umur 22 th. sakitnya CKD (gagal ginjal) dah cuci darah 3x dalam seminggu. Tadinya gw curiga Tn.D sakit HIV, masalahnya klo diliat sepintas orang CKD sama HIV hampir mirip klo diliat kasat mata. tapi utk menentukan penyakitkan ga bisa hanya di liat aja (mangnya dukun/ahli nujum) harus melalui proses pemeriksaan2 seperti, laboratorium, rontgen, USG dll.
Satu lagi pasien yg lumayan di baca ceritanya, Ny.A umur 32 th, hamil anak pertama, usia kehamilan 8 bulan, dateng ke IGD dengan perdarahan/vag buuaanyakk bangets, tekanan darah 170/120, nadi 120, muka pucat abizzz, langsung crew IGD pasang infus 2 cabang tangan kanan & kiri, pasang oksigen, pemeriksaan darah khususnya HB nya!! cairan langsung masuk 2 botol (1000 cc)utk mengganti cairan yg keluar & di harapkan Ny. A tidak syok, detak jantung janin masih bagus/normal. -+ 45 menit hasil darah Ny.A selesai. HB 12, kesadaran Ny.A mulai menurun, wajah semakin pucat, perdarahan/vag masih terus mengalir, detak jantung janin semakin lemah, kemudian dokter memberikan cairan hemacel 500 cc, dan mengulang pemeriksaan darah, dan hasil nya HB 8.
Setelah dokter IGD konsul ke dokter spesialis kandungan, Ny.A di rencanakan utk operasi. Truss crew IGD mengantar Ny.A ke ruang perawatan.........
yah... cuma segitu aja cerita hari ini. Ga terlalu seru ya....?
Temen2 dari semua cerita yg gw tulis... misalnya klo ada pertanyaan, tanya aja lewat saran...thank's ya....

3 komentar:

  1. wah.....critanya lgkp bgt nih.....kyny cocok bgt jd notulen....asyik jg bacanya..kudu srg2 baca nihhh

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. ssieepp laa... tapi dok tolong ingetin juga takut kebablasan, ntar malah di tuntut truss di penjara lagee... hehehe... :)

    BalasHapus

Search Something