Minggu, 24 Mei 2009

PASIEN BALITA






Sore ini gw jaga bertiga sama kawan gw + dokter jaga+ coass+clening service

Hari ini pasiennya lumayan banyak, terutama balita. Untuk hari ini ada beberapa balita yg kena diare (GE). Salah satunya An. R usia 1 th. buang2 air sudah 3 hari muntah juga. Berat badan 7 kg, klo berat badan segini sich utk anak 6 bulan...bisa dibayanginkan kurusnya kya apa, dah gitu sakitnya diare lagee.

Trus diperiksalah An. R ini dan hasil pemeriksaan harus di rawat, ehh.....or-tu nya malah bilang "saya pikir2 dulu". ni or-tu ga sayang anaknya kalee ya...? dah anaknya dehidrasi, demam, diare malah masih mo pikir2.

Setelah di tunggu beberapa saat or-tu menolak anaknya utk dirawat, ich....rasanya gw mo marah aja sama ni or-tu, trus gw tanya alasanya knp ga mo dirawat inap anaknya? Dengan muka yg melasss...ibu itu menjawab "saya ga punya uang sus...," Astagfirullah...ternyata or-tu nya ga punya uang....secara suaminya tukang becak, ibunya tukang cuci baju.

Gimana ya..caranya supaya anak ini tetap dirawat tanpa biaya besar? gw kasih usul utk bernegosiasi sama bagian administrasi....dan.......akhirnya.....An. R bisa dirawat inap, dengan solusinya or-tu pasien harus bikin surat keterangan ga mampu ke RT dan RW.

Alhamdulilllah akhirnya An. R bisa di rawat inap di ruang anak2 dgn kls III B.

Untuk temen2 gw yg punya anak balita ini utk jadi pelajaran nich.....klo anaknya dah diare 1 hari langsung di bawa ke RS, jgn nunggu sampai 3 hari, apa lagee masih ada yg beranggapan anaknya klo diare mo pinter? bukannya mo pinter tapi mo sakitttt.....kalee......



Selain pasien anak2 ada juga pasien dewasa, Tn. Y usia 44 th. Kulit pucat, kesadaran delirium (agak2 lier, kya org bingung), neadle track (bekas tusukan jarum suntik) dimana2, tatto di paha lumayan besar....tapi....pake pampers....kwakwakakaka (masa bertatto pake pampers) .

Gw dah curiga ni org pasti pemake narkoba, HIV + (ini baru kecurigaan gw). Langsung di periksa darah utk mengetahui HIV nya ternyata..... HIV nya +.

Untung aja Tn. Y di rujuk ke RS laen, gw paling benci klo liat org kya gitu, itu namanya penyakit dia yg bikin sendiri.....

2 komentar:

  1. yaap tul bener, diare pada jangan dianggap sepele.... ntar dah gawat baru datang n bikin repot buat nyari infus apalagi kalo udah pre-shok y mba norma...
    kadang kadang heran juga orang-orang pada udah dikasi fasilitas gakin oleh pemerintah tapi males ngurusnya byuuuhhhh...... tapi ada juga yang brengsek udah pake gakin minta pelayanan VIP nah itu dia yang bikin dongkol.....

    BalasHapus
  2. ada lagee yg lebih konyol, pasien dirawat dgn jaminan gakin tapi tu pasien punya avanza, HP nya BB, istrinya kaya toko emas berjalan...gila bener....konyol bangets.

    BalasHapus

Search Something